Minggu, 20 April 2014

"HARGA PASS.."

hari sudah menunjukkan jam 6.10 magrib..tapi listrik belum juga hidup.langit mendung dari pagi..hujan-gerimis bersahutan.aku yang dari pagi suntuk segera bersiap-siap sholat magrib.tiba-tiba ada 3 orang lelaki berseragam biru masuk ke toko ku yang sudah hampir tutup.pintu terbuka sedikit,mereka masuk dan aku segera menghampiri.

"kak..kami mau liat dompet yang tadi.."berapa harga PASS nya kak??" kata salah satu dari mereka...


ooo..iyaa...aku baru ingat..tadi mereka melihat-lihat dompet.tapi karna harga yang mereka tawar tidak cocok merekapun pergi,dan di saat azan berkumandang di mesjid mereka datang lagi.karna tak mau bertele-tele lagipula aku mau sholat magrib tepat waktu,langsung saja aku kasi harga PASS yang tak bisa di tawar lagi.dengan cahaya lampu hape aku mengambil dompet yang dipilihnya tadi

"ini dompetnya.. harga PASS nya 160 ribu.."

"bisa kurang lagi gak kak??"

"ga bisa..tadikan tanya harga PASS..jadi saya kasi harga paling murah"

"150ribu aja ya kak..tanggung 160ribu.."

aku tersenyum sambil merapikan susunan dompet yang ada di etalase

"kalo topi berapa harganya kak...harga PASS ya kak.." kata salah satu temannya..tubuhnya agak bongsor dan banyak bicara..tanya ini-itu semua barang-barang di toko

"oo topi..saya kasih harga PASS aja ya...15ribu" aku hanya ingin cepat-cepat sholat dalam hatiku..maklum waktu magrib tidak panjang

"10ribu aja ya kak..tanggung 15ribu..." katanya dengan nada cerewet

aku tersenyum lagi..antara sabar dan bete..listrik belum hidup..adikku memberi kami lampu minyak,sedangkan ibu siap-siap ke mesjid didekat toko kami.

"ga bisa dek..itu sudah paling murah saya kasi 15ribu..dasarnya katun..trus ada bordirnya tebal.."

"10ribu aja kak..kami ambil satu"

"ga bisa..ga kurang lagi..tadikan minta harga PASS..itu sudah paling PASS..."

"dompetnya kurang ya kak..150ribu aja..saya ga punya uang 10ribuan.." cowo yang beli dompet tadi masi usaha menawar

"kasi aja uang 200ribu..nanti saya kasi 40ribu" aku sudah mulai tak sabar..mereka bertele-tele..waktu terus berjalan..

"kak..topinya..10ribu aja..tanggung kak" si bongsor masi aja bawel..

"ini kak uangnya.." kata cowo yang beli dompet tadi

160ribu sudah di tangan,tinggal harga topi yang jadi tawaran..mereka bertiga cuma 1 orang yang pendiam..tak banyak bicara.tersenyum padaku...(lumayan....ngilangin BETE...heeee)

si bongsor masi usaha juga..masi dengan 10ribunya..aku senyum dan menahan kesal dalah hati..hiiii seharusnya aku sabar..tapi mau gimana lagi..ini sudah masuk waktu sholat magrib.

"kalo mau ya 15ribu..saya ga bisa kurangi lagi..." kataku masi coba bersabar..

"udah yuukkk dah malam neee...itu dompetnya bagus..asli kulitnyai..ga mahal kok 160ribu..kalo memang mo beli topi..bayar aja 15ribu..kita mo pergi ke jambi lagi nee..nanti sampai jam berapa??" kata temen yang pendiam tadi...sepertinya dia menyadari kalo aku bete juga..(heee..aku menang bisik hatiku)

akhirnya merekapun keluar dari toko..tak terkecuali si bongsor...sambil ngomel-ngomel
dan minta pembelaan teman-temannya

"aneehh jualan kok ga bisa di tawar..semua harga PASS..kurang 5ribu aja ga bisa..dimana-mana jualan tu bisa di tawar..ini ga bisa..anehh..semua harga PASS" celotehnya..
teman-temannya hanya diam..seperti tak mendengar dia bicara..sementara dia berusaha menoleh kedua temannya minta dukungan atas keberatannya..

"haa...aku hanya tersenyum..senyum jengkel..senyum bete..senyum kesal..entah siapa yang salah..tapi rasanya telinga ku masi sehat saat dia minta harga PASS...

maaf bila suatu saat si bongsor membaca cerpenku ini..supaya kita sama-sama belajar arti "harga PASS"   ^_^
S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar