Sabtu, 19 April 2014

Cinta Pria Sederhana-cerpen

Untuk yang kesekian kalinya bebby menolak lamaran pria-pria tampan,kali ini anton.teman baik mas agung.kelihatan sekali wajah kecewa anton saat bebby memberi alasan belum siap menikah.wajar saja..karna anton sudah lama naksir bebby.papa,mama dan mbak diva juga geleng-geleng kepala.entah apa yang membuat adik bungsunya menolak semua pria yang dikenalkan mereka padanya.padahal..bukan sembarang pria yang berani melamarnya..Dokter muda..cantik..tajir dan pintar.semua kelebihan seorang wanita ada padanya.
Bebby hanya tersenyum…biarkan saja mereka tak tau apa yang berkecamuk dihatinya.beberapa bulan ini ada seorang pria yang mencuri perhatian bebby yang terkenal cuek dengan soal cinta.kehadiran uda dody menyita waktunya di Rumah sakit.uda dody..sopir baru ambulance.tapi..sosok itu bisa meluluhkan seorang dokter idola di Rumah sakit milik papa bebby.hari demi hari bebby selalu memperhatikan uda dody.pria sederhana itu pindahan dari padang.rumahnya hancur karna gempa yang merusak semua peninggalan orang tuanya.
Uda dody pria yang tak banyak bicara..selalu ringan tangan menolong siapa saja.wajahnya yang selalu menunduk dan tersenyum pada semua pasien..tidak pernah mengeluh..hhmmm…entah apa yang terjadi pada bebby kali ini.dia benar-benar tergila-gila pada sosok yang bahkan tak pernah di ajaknya bicara.

Sudah 2 tahun bebby menyimpan perasaan ini..hari ini umurnya genap 29 tahun.usia yang cukup matang untung seorang wanita berumah tangga.hubungan mereka semakin dekat.tanpa mereka sadari ada sepasang mata yang mengetahui hubungan tersembunyi itu..sepasang mata milik D.FAHMI ISKANDAR..papa bebby.Pria setengah baya itu seorang yang penuh wibawa.tapi hatinya lembut dan sangat pengertian pada gejolak hati anak kesayangannya.papanya hanya menunggu bebby berani berterus terang.
Malam ini semua kumpul..seperti biasa..merayakan ulang tahun anak bungsu mereka.tapi hati bebby berdebar kencang.sudah saatnya dia bicara.tak ada yang salah pada hubungan mereka.tapi bebby tau..ada yang salah dengan pekerjaan uda dody dimata mama..mbak diva dan mas agung.
Dengan  mata berkaca dan bibir bergetar bebby mengatakan alasan kenapa dia harus memilih uda dody
“pokoknya bebby hanya mau menikah dengan uda dody,apapun alasannya..tak ada yang boleh menolak keinginan bebby”
“tapi..kenapa harus dia dek? Apa kelebihan dia di banding anton?..bram?..reno??” mas agung mulai angkat bicara .karna tak habis pikir dengan pilihan adek kesayangannya
“dari bos sampe manager..dari artis sampe pengusaha..pengajara..hakim..mereka lebih pantas mendampingimu dibanding dody..” mbak diva tak kalah bawel karna temannya juga di tolak bebby.belum lagi mama yang tak bisa menerima pernyataan bebby.anak-anak teman arisannya semua lulusan luar negri.tapi tak ada satupun yang bisa meluluhkan hati anak bungsunya.
Keputusan sudah final..semua menolak..kecuali papa yang masi diam.bebby memandang papa penuh harap..minta pembelaan…semoga papa mau merestui hubungannya dengan uda dody.dan benar saja…Cuma papa yang setuju..bebby puas..walau mama dan kedua kakaknya tak bisa menerima keputusan papa.

Pernikahan mereka menjadi bahan obrolan sepanjang koridor rumah sakit.dari teman-teman dokter dan rombongan arisan mama..belum lagi teman sekantor mbak diva..hanya mas agung tak banyak bicara.mungkin dia sudah bisa menerima kenyataan bahwa adiknya seorang dokter  menikah dengan sopir mereka dirumah sakit.
Bebby hanya tersenyum saat teman dan para pasien berkomentar menyayangkan pilihan bebby.mereka menilai tidak pantas seorang dokter menikah dengan seorang sopir.sungguh suatu pemanfaatan yang berhasil kata mereka.bebby hanya diam.hanya dia yang tau kenapa uda dody yang menjadi pilihannya.

Waktu berlalu..pernikahan mereka sudah berjalan 6 bulan bebby keguguran..anak yang menjadi buah hati mereka pergi sebelum lahir kedunia.
Pada 1,5 tahun pernikahan mereka cobaan berat menghampiri .kanker ganas di payudaranya tak tertolong lagi selain operasi...penyakit yang tanpa dia sadari telah memotong organ tubuhnya.bebby sempat goncang..kepercayaan dirinya tak lagi seperti dulu.kerjanya hanya melamun.tapi..uda dody selalu menguatkan hatinya.pria yang menjadi suaminya itu selalu setia.
Belum lagi pulih dari rasa minder...tahun tahun ke 3..ternyata ada kista di rahim bebby..rahimnya harus di angkat..dan kesempurnaan bebby sebagai wanita pupus sudah.tak ada harapan tuk punya momongan.dia semakin suka menyendiri.
Semua menyalahkan uda dody..terlebih mama.bebby maklum..karna sampe sekarang mama masih belum rela dengan pernikahan mereka.tapi cinta kasih sayang uda dody tak berkurang.walau bebby sudah operasi kanker payudara..walau rahimnya tak lagi sempurna..tapi…cinta uda dody tak bisa dipungkiri.pria sederhana itu terus memberi semangat.tak ada yang berubah dalam sikapnya.

kini 10 tahun sudah mereka hidup bersama...dan tanpa anak..uda dody tak pernah berpaling pada wanita lain.yang berubah hanya sikap mama.sekarang mama jadi sangat perhatian pada uda dody tak terkecuali mbak diva dan mas agung.posisi uda dody juga tidak sopir lagi.dedikasinya pada rumah sakit membuat prestasi kerjanya membanggakan.hanya aku yang semakin banyak diam.walau bibir tersenyum..tapi hatiku luka.aku merasa tidak sempurna sebagai istri..tidak sempurna sebagai wanita.

Hari ini aku ingin sekali pergi ke rumah papa..aku menunggu uda dody pulang dari rumah sakit.sedangkan aku lebih banyak dirumah.buka praktek sendiri.tak lama ku lihat mobil uda dody datang.aku segera menyusul.
“kita beli sate pesanan mama dulu ya da “
‘baik tuan putri..hamba siap mengantar kemanapun tuan putri mau ‘
Aku tersenyum manja..uda dody memang orang yang romantis.tak kusangka pria yang sangat pendiam ini bisa memanjakan ku sebagai istrinya.bersamanya hatiku begitu tenang
‘sayang..tadi papa bilang ke kalimantan.ada pertemuan dokter ahli bedah disana..jadi bebby temeni mama di rumah selama papa ga ada ya’ aku mengangguk mendengar perkataannya
‘bebby harus jaga diri baik-baik..uda sangat menyayangimu’
Uda dody tersenyum membelai kepalaku..Aku semakin mencintainya..
Takdir..jodoh..dan maut adalah takdir NYA….ALLAH memang tak pernah salah menjodohkan aku dengannya.walau bukan dari keluarga kaya..tapi hatinya tak terbeli dengan harta.cinta kasihnya tulus.pria setia yang sederhana.

ALLAH punya rencana lain..mobil kami di tabrak truk pengangkut pasir.semua gelap dan aku tak sadarkan diri..ternyata hari itu adalah hari terakhir aku bertemu dengan suamiku tercinta.hanya aku selamat dengan mata yang buta.serpihan kaca masuk ke mataku.semua dokter terbaik berusaha menyelamatkan nyawa suamiku..akupun tak sadarkan diri selama 2 hari.tapi..ALLAH..memberiku cobaan lagi..pria yang setia itu kini tlah tiada.banyak kenangan yang dia tinggalkan untukku.papa..mama..mbak diva dan mas agung tak dapat menahan air mata.pria bersahaja itu pergi meninggalkan duka yang dalam dihati kami semua.tak ada yang tak menyayanginya.bahkan ponaanku semua memanggilnya “ayah”..aku semakin sendiri..
Hanya kedua mata ini yang menjadi kenangan hidup bagiku..yaa…uda dody mendonorkan matanya sebelum dia meninggal.dia tau..mataku tak terselamatkan lagi..sedangkan kaki dan tangannya tak juga sempurna.dia sudah berpesan pada papa

“pa..dody tak tau sampai kapan  bisa bertahan..sedangkan sakitku semakin parah..sekarang bebby tak sadarkan diri..semua salah ku yang tak hati-hati mengemudi”
“dody..kamu jangan ngomong begitu..semua bukan salahmu..sopir truk itu ngantuk..mungkin karna dia juga mabuk makanya tidak konsen membawa truknya..sekarang dia sudah menyerahkan diri ke kantor polisi” papa menenangkan hati uda dody
“tapi pa..bagaimana nasib bebby..dody ga sanggup melihat dia tambah menderita..”
“sudahla..soal itu nanti kita bicarakan..yang penting kalian berdua harus selamat”
Papa tak bisa membendung duka..menantu kesayangannya..terbaring lemah..papa tau..perkiraan dokter..tapi papa masi berharap uda dody bisa diberi keajaiban..
“pa..seandainya dody pergi…tolong papa donorkan mata dody ini untuk bebby..dia adalah cahaya mataku..dia istriku yang paling dody cintai..dody tak mau melihat bebby semakin menderita karna kehilangan kedua matanya..tolong papa ingat pesan dody ini..hanya ini yang dapat dody berikan padanya..” semua menangis mendengar pesan uda dody
“selama menikah dengannya..dody tidak bisa memberikan apa-apa..hanya kesetiaan dan cinta kasih yang ada…walau bagaimanapun keadaannya..bebby tetap wanita sempurna dimata dody” air mata terus mengalir di pelupuk matanya
mama memeluk suami putri kesayangannya itu..sekarang mereka semua tau…sekarang mereka sadar…mengapa beby sang idola..beby bintang juara memilih pria sederhana itu menjadi pendamping hidupnya..
“dody..maafkan mama selama ini ya nak..kami sangat menyayangimu..cepat sembuh..kita akan bersama-sama lagi”..
Tapi..itulah takdir…uda dody pergi dalam pelukan mama..disamping orang-orang yang sangat menyayanginya..

Kini…semua hanya tinggal kenangan..aku tak bisa berpaling pada pria lain..separuh jiwaku tlah pergi bersama suamiku..mata ini menjadi penerang dalam hidupku..walau sudah 5 tahun sejak kepergiannya..tapi aku selalu merasa uda dody ada didekatku..cahaya matanya menyinari harapan baru untukku bangkit seperti dulu,,aku tidak boleh menyerah..aku harus melanjutkan cita-cita ku..kini aku melanjutkan S3..sesuai dengan harapan uda dody sebelum dia pergi untuk selamanya..
Cinta pria sederhana itu tlah mengubah jalan hidupku..

Puji syukur kepada MU YA ALLAH…yang telah mempertemukan kami..semoga suamiku tenang disisi MU..amiienn…


3 komentar:

  1. saya edi blogger yogya nomor wa 08993780055 harap wa saja ,saya membutuhkan blogspot bekas anda untuk saya isi artikel tolong bantu saya mengembangkan blog yang terkena banned sudah 3 tahun rusak

    BalasHapus
  2. saya edi blogger yogya nomor wa 08993780055 harap wa saja ,saya membutuhkan blogspot bekas anda untuk saya isi artikel tolong bantu saya mengembangkan blog yang terkena banned sudah 3 tahun rusak

    BalasHapus
  3. saya edi blogger yogya nomor wa 08993780055 harap wa saja ,saya membutuhkan blogspot bekas anda untuk saya isi artikel tolong bantu saya mengembangkan blog yang terkena banned sudah 3 tahun rusak

    BalasHapus