Sabtu, 19 April 2014

Dia Ibuku..bukan Pembantu Part II (CERPEN)

BISMILLAH...
ibu.....
wanita yang paling cantik dibanding seluruh wanita didunia ini
entah dia miss indonesia..atau miss india..dan ratu kecantikan dipenjuru dunia ini
tak ada yang menandingi kecantikan seorang ibu..

ibu...
sosok yang paling setia pada cinta seorang pria
sosok yang paling besar pengorbanannya
cinta ibu sepanjang hayat hidupnya..
hanya syurga yang pantas untuk seorang ibu..


Hari ini minggu ke 4 aku mulai membantu memberi pelajaran di SD 03 di dekat rumahku.walaupun guru bantu tapi aku senang ada kegiatan,lagipula pak sony suami bu lena banyak membantu hal-hal yang belum aku pahami.pelajaran SD juga tidak begitu sulit.aku hanya guru bantu.mengisi kekosongan bila guru yang bersangkutan berhalang hadir kesekolah..kadang aku juga membersihkan perpustakaan.kalo jam istirahat aku ikut menjaga kantin.semua membuat aku senang.
rahma...nanti jam pulang sekolah kamu keruang guru ya,Pak Datuk ada perlu denganmu” suara pak sony
“baik pak” aku meneruskan membereskan buku-buku yang ada di perpustakaan
Pulang sekolah anak-anak berhamburan keluar kelas..ada yang berlari..ada yang jalan sama teman-temannya..ada juga yang sendiri..tak peduli dengan teman-temannya yang kadang hampir membuatnya terjatuh karna berlari..
Diruang guru, Pak Desyurbar kepsek
SD kami sudah menungguku dimejanya.aku duduk walau dalam hati bertanya-tanya ada apa Pak Datuk(kami memanggil beliau Pak Datuk) memanggilku.
“rahma..sudah sebulan kamu membantu sekolah ini..saya senang dengan hasil kerjamu.kamu rajin dan pintar”
Aku tetap diam..menunggu kelanjutan Pak datuk bicara
“guru-guru disini juga sangat berterimakasi padamu” kata Pak datuk sambil mengambil sesuatu dilaci mejanya
“ini..ada sedikit balas jasa atas kerjamu,walau sedikit tapi kami sangat berharap kamu betah membantu disini”
Aku tertunduk...YA ALLAH...ENGKAU memang MAHA PENYAYANG..disaat aku butuh biaya untuk merawat ibu,ENGKAU selalu memberi tepat pada waktunya.
“rahma..bagaimana kuliahmu” kata Pak datuk sambil menyodorkan amplop itu kepadaku
“baru mulai belajar minggu kemarin pak”
“khabar ibumu bagaimana,maaf..pak sony banyak bercerita tentang kondisi ibumu.saya berdoa semoga beliau cepat sembuh”
“trima kasi pak..ibu saya sekarang sudah mulai baikan ..tapi beliau tidak bole terlalu lelah..”
“hhmm..sebenarnya..kalo kamu mau..kamu bisa jualan kue juga dikantin,bukankah dulu ibumu juga sering menitip kue-kuenya di warung?”
“dulu memang ibu sering menitip kue nya diwarung,tapi sekarang kondisi ibu kurang mengizinkan untuk kerja terlalu banyak”
“yaa..kan kamu bisa belajar..lumayan juga buat penghasilanmu”
Aku senang dalam hati..Pak datuk memang kepala sekolah yang baik..

“assalamualaikum..”
Tak ada suara...kemana ya ibu..tanyaku dalam hati.aku masuk kerumah
“bu..ibu dimana..rahma dah pulang”aku terus mencari ibu.dikamarnya ibu juga ga ada..didapur juga kosong..aku langsung kekamar..sholat dzuhur..
“YA RABB...ampuni hamba MU ini...berilah hamba waktu untuk menebus dosa-dosa hamba...berilah hamba kesempatan untuk membahagiakan ibu hamba..didunia...hanya ibu yang jadi tumpuan hamba..hanya ibu yang hamba punya,..ibu sedang sakit..hamba sungguh tak berdaya..kesembuhan itu adalah MILIK MU...ampunilah dosa ibu YA ALLAH...berilah ibu kesehatan dan kekuatan menjalani hari tuanya..ibu tak pernah menuntun apapun atas jasanya kepada hamba..YA RABB..hamba yang hina ini..memohon pada MU yang MAHA PENYAYANG..balaslah kebaikan ibu padaku...panjangkan lah umurnya..berilah ibu kebahagian..izinkan lah kami untuk lebih lama lagi menikmati hari-hari ini..hamba sangat menyayanginya..kabulkan lah doa hamba MU ini YA RAHMAN..YA RAHIM...amiienn ya robbalalamin..” kututup doa dengan linangan air mata.
Aku kembali mencari ibu,aku ingin menyerahkan gaji pertamaku untuk ibu..semoga ibu senang menerima hasil keringatku ini.tiba-tiba hp ku berbunyi..
“assalamualaikum..adiak uda nan kamek(adik abang yang manis)”
“waalaikum salam..maaf ini siapa ya”
“adu...ibu guru sudah lupa sama uda romi”
Haahhhhh.....ya ampuunnnnn itu suara uda romi putra tunggal bu anggi..kenapa aku bisa lupa yaa
“ondeee...(bhs gaulnya=busyyeettt) uda sudah pulang yaa..kok ga kasi khabar”
“biar rahma senang donk...ntar kalo dikasi tau pasti rahma mandi kembang menyambut uda romi heeee” uda romi memang begitu..sering kali becanda..tapi aku suka juga sama candaannya
“yeee...GE-ER....maksudnya kalo dikasi tau kan rahma bisa titip oleh-oleh”
“haaa...udah jadi guru masi minta oleh-oleh...mana ne gaji pertamanya..traktir donk..”
“gaji...heee ada nee..tapi ini special buat ibu”
“yaa kata ibu bole dikasi sama uda”
“bohong...uda aja belum ketemu sama ibu”
“sapa bilang belum ketemu,tadi pagi pas kamu disekolah uda jemput ibu dirumah,uda cari kamu..trus kata ibu kamu sekarang jadi guru di sekolah..yaa jadi kebetulan..uda kan bisa ditraktir nanti”
“wahhh..ternyata uda yang sudah menculik ibu rahma..ini bisa di laporkan ke kantor polisi”
“hee..lapor aja kalo bisa..toh ibu kok yang pengen ikut sama uda..kata ibu kangen banget sama uda”
‘ga percaya..pasti deehh uda yang maksa ibu ikut”
“hee..iya dehhh adekku yang maniss...kesini donk..mo oleh-oleh ga”
“nahh gitu donk...jangan pelit..heee”
“oke..kamu siap-siap ya..bentar lagi pak jainal jemput kerumah”
“kenapa ga uda aja sih yang jemput” rengekku manja..
“yaa..uda masi kangen sama mama nee..hee”
“oke deehh..rahma tunggu ya”
Tak lama pak jainal sopir bu anggi datang,kami langsung menuju kerumah bu anggi.aku juga sudah tidak sabar pengen ketemu uda romi.
“assalamualaikum..”
“walaikumsalam...nah..ini dia ibu guru datang “kata bu anggi  menyambutku
“wah..wah..wah..adek uda makin cantik aja niihh..ayooo sudah punya pacar ya...”
“pacar..pacar..mana ada yang mau sama rahma uda..”
“siapa bilang ga ada yang mau...uda kan datang mau melamar kamu”
“aahhh...uda bagarah se..(bercanda mlulu)..”kata ku menimpali..padahal hatiku berbunga-bunga mendengarnya..
“ayo masuk,uda ada oleh-oleh buat kamu”
Tak lama ku buka kado berwarna ungu..hhmm..uda masi ingat saja warna favoritku.
“adduuu...uda romi elok bana..(baik sekali)..ini hp keluaran terbarukan..ada cameranya..bisa facebook_an juga”
“iya..uda kan kasinya ga gratis...kamu harus nyicil pake gajimu”kata uda romi sambil ketawa lebar.bu anggi langsung mencuit punggung uda romi
“romi..sudah..jangan di ledekin terus donk rahma..nanti dia ngambok(ngambek) baru tau”kata bu anggi
“heee..iya deh..buk guru..itu gratis...tapi dengan syarat..”
“syarat apa lagi sih uda..katanya gratis..kok pake syarat”
“syaratnya rahma harus isikan pulsa uda tiap bulan..heee”
Kali ini ibuku yang tersenyum lebar..aahhhh..senyum itu membuat penatku hilang...
“rahma...ayo bilang apa sama uda romi..itu pasti barang mahal..kamu harus merawatnya”kata ibu mengingatkatku
“iya bu..,makasi ya uda romi yang genteng..rahma akan merawat hp ini..seperti rahma merawat ibu...hee..kalo soal pulsa..tenang aja nanti rahma kirim 5000 tiap bulan untuk uda..haaaa”aku senyum lebar
“yaahhh...5000...cm misscall doank..”
“ya udah kalo ga mau juga ga apa-apa...heee”
“Iya dehh..ga usah kirim pulsa..traktir uda makan aja..nanti malam kita beli bakso uda leman ya...uda sudah kangen ne sama bakso buatan uda leman”
“bole...tapi ga bole nambah yaa..kalo nambah bayar sendiri-sendiri” jawabku bercanda.
ibu dan bu anggi tertawa melihat tingkah kami.yaa..kami memang seprti ini dari dulu..sebenarnya bu anggi dulu juga tak mau memperkerjakan ibu sebagai tukang cuci dirumahnya,tapi..ibu tetap tak mau menerima pemberian orang tanpa bekerja..makanya bu anggi terpaksa menerima tawaran ibu untuk mencuci bajunya..kerjanya juga ga terlalu berat karna bu anggi mencuci menggunakan mesin cuci.

“bu...minggu depan rahma ada acara jalan-jalan menemani anak-anak ke danau maninjau”aku meminta izin untuk acara minggu depan
“danau maninjau....”kata ibu
“iya bu..rahma kan belum pernah kesana..boleh ya bu..abis kami kekurangan guru untuk mengawasi anak-anak kesana”
Ibu diam..pandangannya menerawang entah kemana...
“kenapa bu...kalo ibu tidak mengizinkan..nanti rahma akan bicara sama Pak datuk”
“bukan..bukan  itu maksud ibu..kamu boleh kok kesana..lagipula..itukan kampung halaman almarhum ayah”
:”karna itu rahma pengen kesana bu..boleh ya bu..nanti kami singgah ke bukit tinggi..rahma belikan ibu mukena baru ya..”
“rahma..ibu tidak minta apapun...yang penting kamu selamat..iu sudah sangat bahagia melihatmu seperti ini..”
“iyaa..tapi rahma sudah janji..mau belikan ibu mukena..kata Pak datuk bordiran bukit tinggi itu terkenal..nanti rahma cari yang sama motifnya..tapi warnanya beda..”
“harganya pasti mahal..nanti gajimu habis nak..”
“aaaa..ibuu...uang dari hasil kita jual kue dikantinkan rahma tabung..nahh..sekarang ibu mau warna apa..”
“hhhmmmm...kamu ini...sangat pandai memanjakan ibu..”
‘heee..iya donk bu...kan cuma ibu yang sayang sama rahma”ibu lalu memelukku..terasa hangatt...
“ibu pengen mukena warna putih saja..jangan yang terlalu mahal..nanti uangmu cepat habis”
Ku tatap wajah ibu..YA RABB...entah berapa lama lagi kami akan bersama..tapi...aku sangat ingin membahagiakan ibu seumur hidupku..ku peluk ibu erat..erat sekali..serasa takut kalo ibu jauh dariku

Disekolahku para wali murid sudah berkumpul.hari ini kami siap-siap jalan-jalan melihat danau maninjau.aku sangat tidak sabar melihat keindahan danau itu..andai saja ayah masi ada..ayah pasti senang aku melihat kampung halamanku.
“bu rahma..mobil sudah siap,sebaiknya kita berangkat sekarang”suara pak sony membuyarkan lamunanku
“oohh..iya pak..ini saya lagi siap-siap membawa bekal untuk anak-anak”
Ku bereskan semua nasi bungkus dan snack untuk bekal kami di jalan..aku duduk di bangku paling depan..posisi ini membuatku semakin puas melihat pemandangan yang kami lalui.masi teringat wajah ibu waktu aku pamit tadi
“rahma...jangan lupa ziarah ke makam ayahmu ya nak..sampaikan padanya..ibu sudah semakin tua..ibu sering sakit-sakitan..akhir-akhir ini..badan ibu sering terasa kaku ..jangan lupa berdoa dipusara ayahmu..katakan padanya..amanahnya adalah janji ikhlas ibu”ibu memelukku erat..air matanya terasa hangat dipundakku
“ibu..rahma pergi cuma sebentar..nanti malam rahma sudah dirumah..ibu baik-baik ya dirumah..semua sudah rahma siapkan diatas meja..kalo ibu kesepian..main ke rumah bu anggi saja”ku balas pelukan ibu..air mataku tak tertahan lagi..setelah 4 tahun aku mengajar di SD ini..belum pernah aku meninggalkan ibu selama ini.rasanya berat meninggalkan ibu..tapi..aku juga ingin melihat kampung ayahku..
Akhirnya kami sampai juga di danau maninjau..anak-anak tak sabar ingin turun melihat langsung keindahan danau itu.untung ada pak sony dan pak jul,penjaga sekolah kami yang segera mengatur anak-anak..kalo tidak..bakalan repot mengawasi anak-anak SD yang tak mau diam..aku segera permisi pada Pak datuk untuk pergi kepemakaman tempat ayahku,ibu sudah menitipkan alamatnya.jadi aku tak begitu sulit untuk mencarinya.lagipula pemakaman dikampung dikumpulkan menurut suku(marga).ayahku suku GUCCI...sampai dipemakaman aku langsung berdoa..ayah pergi saat umurku 3 tahun,,jadi tak banyak yang ku ingat dengan kenangan kami. Kusampaikan pesan ibu didepan pusara ayah...
“ayah..ini rahma..anak ayah...lama sekali kita tak bertemu..sekarang rahma sudah menjadi guru..kata ibu..andung(nenek)rahma dulu juga guru..rahma sebentar lagi wisuda..seandainya ayah ada disini..rahma bahagia sekali..karna nanti ayah liat rahma memakai toga..tapi..ayah pergi saat rahma masi kecil...tinggal rahma dengan ibu..ibu sangat menyayangi rahma..tapi sayang..ibu sering sakit-sakitan..ibu semakin tua..kata ibu..amanah ayah menjadi janji ikhlasnya..ibu sangat merindukan ayah...doakan ibu cepat sembuh..biar ibu bisa mendampingi rahma saat wisuda nanti,ayah...rahma tidak bisa terlalu lama disini..tapi rahma janji..kalo ada waktu..rahma akan menemui ayah lagi disini..ayah..rahma pergi dulu yaa..assalamualaikum”setelah menutup doa aku langsung meninggalkan pusara ayah..

Hari sudah menunjukan jam2.00 siang,kami siap-siap mau kebukit tinggi melihat lobang jepang..salah satu peninggalan jaman penjajah dulu..mobil perlahan meninggalkan danau maninjau..tapi hatiku..masi disini..ditempat ayahku istirahat untuk selamanya.

Sampai dibukit tinggi hari menjelang sore,aku cepat-cepat mencari mukena pesanan ibu.setelah puas menawar pilihanku tepat pada mukena warna putih motif bunga melati kecil-kecil..sama seperti bunga kesukaan ibu..sekitar jam 5.30 rombongan kami sudah meninggalkan kota bordiran itu.ku lihat anak-anak gembira..besok mereka menerima hasil kerja keras mereka selama 6 tahun,hhhmmmm..sebentar lagi mereka memakai seragam SMP..aku jadi ingat waktu pertama masuk SMP  dulu..itu hari pertama aku tinggal dipadang karna sebelumnya aku tinggal di maninjau,setelah aku tamat SD ibu mengajakku pindah karna kampung ibu di padang,tepatnya di daerah tabing.

Sampai dirumah hari sudah malam..ku ketuk pintu tapi tak ada yang menjawab..lampu didalam rumahku juga padam..duuhhh ibu kemana yaa...tak lama bu anggi menelpon,meminta ku agar kerumah sakit sekarang ini juga.kata beliau tadi siang penyakit ibu kambuh lagi..semakin parah..muntah darahnya semakin banyak.sampai dirumah sakit ternyata keluarga ku di medan juga sudah datang,pikiranku semakin kacau..sudah berprasangka hal yang terburuk..tapi hatiku belum rela..aku belum puas bersama ibu..ALLAH tidak boleh mengambil ibu secepat ini..aku masi ingin berlama-lama lagi dengan ibu..
Dikamar kulihat ibu memakai selang infus..mak tuo menangis..bu anggi juga tak kuasa menahan air matanya..kulihat uda heri anak mak tuo juga tertunduk..semua diam..ku dekati ibu yang sedang terbaring lemah..matanya sayu..
“bu...maafkan rahma karna terlambat...”
Ibu tersenyum melihatku..tapi aku tau..itu senyum menahan sakit yang dideritanya
“bu..rahma sudah ke pemakan ayah..rahma sudah menyampaikan pesan ibu”
“terima kasi nak..ibu senang kamu selamat..bagaimana perjalananmu”suara ibu sangat pelan..
“rahma senang bu..rahma janji pada ayah kalo ada waktu rahma akan menemui ayah lagi disana”
“rahma...ibu sayang padamu..”suara ibu parau..air bening keluar dari kelopak matanya
Mak tuo mendekati kami,beliau duduk di sisi kiri ibu
“nur...kini..rahma lah gadang(dewasa)..sudah saatnya dia tau...”
Mendengar perkataan mak tuo,ibu langsung memandangku..air matanya semakin  tak terbendung lagi
“ado apo mak tuo?? Tau apo?? Rahma ga ngerti”kataku ingin tau..
“rahma..ibu sangat menyayangimu..selama hidup..hanya kamu yang ibu punya..walau ibu tak bisa memberimu kesenangan..tapi...ibu selalu berdoa semoga kamu diberi kesenangan didalam hidupmu..”ibu menghela napas....
“nak...rasanya ibu tak sanggup lagi menahan penyakit ini..”
“ibu..jangan bicara seperti itu..rahma akan merawat ibu..ibu akan segera sembuh..ini hanya sebentar bu..”tangisku memenuhi ruang kamar ibu..
“rahma..”ibu diam..tak melanjutkan perkataannya..matanya yang sayu menatapku lama...aku memeluk ibu..
“ibu...ibukan janji mau mendampingi rahma wisuda nanti..ibu kan pengen liat rahma pake toga..rahma sudah janji akan merawat ibu..rahma sudah bilang sama ayah kalo rahma akan wisuda..rahma akan melihatkan pada ayah poto kita berdua nanti bu..”
“rahmaa.....jangan menangis..ibu juga ingin melihatmu berdiri dibarisan teman-temanmu yang wisuda nanti..ibu yakin..ayahmu pasti sangat bangga...ayahmu tak akan menyesal pergi meninggalkan kita kalo melihatmu berhasil nak”
“iya..tapi ibu harus cepat sembuh..”aku langsung mengeluarkan mukena pesanan ibu.
“bu..ini dia mukena pesanan ibu..sesuai dengan warna putih sama seperti motif bunga melati berwarna puti..warna dan bunga kesukaan ibu”aku memamerkan mukena pemberianku..seisi kamar menangis melihat kami..ibu semakin erat memelukku
“rahma...ibu sudah tak sanggup lagi nak..ibu sudah sangat lama menahan sakit ini..ALLAH sudah mengabulkan doa ibu...akhirnya ibu melihatmu dewasa..melihatmu berhasill..walau ibu tak bisa menyekolahkan mu disekolah terbaik..tapi ibu bangga..kamu menjadi anak yang terbaik yang ibu punya”ibu membelai rambutku
“ibu..jangan tinggalin rahma..rahma ga punya siapa-siapa lagi bu..nanti abis wisuda kita sama-sama ke maninjau..kita ke pusara ayah..ayah pasti senang liat kita berdua kesana..ibu harus sembuh..ibu harus kuat..bertahanlah demi rahma bu..kalo ibu sayang rahma.ibu tak akan meninggalkan rahma’...aku menangis ..tak sanggup lagi ku tahan sedih ini..
Tak lama ibu muntah darah lagi..uda heri langsung keluar memanggil dokter,aku berdiri kaku melihat ibu..perih sekali melihat kondisi ibu yang melawan penyakitnya.bu anggi juga sibuk membersihkan darah yang bercecerah dilantai.mak tuo juga menuntun ibu berdzikir ASMA MU YA RABB di telinga ibu..aku mendekat..ku lantunkan ayat-ayat suci..agar ibu lebih tenang..ibu hanya menatapku sambil memanggil nama MU..
“YA RABB...jangan biarkan ibu pergi secepat ini..ini tak adil..aku belum sempat membuat ibu bahagia..aku masi ingin lama bersama ibu..”bisik hatiku menahan pilu
Tak lama dokter datang..tapi...sebelum dokter memeriksa..ku lihat mata ibu telah tertutup..tapi dokter tetap memeriksa kondisi ibu untuk memastikan keadaan ibu.tak lama..dokter mengabarkan bahwa ibu tlah pergi untuk selamanya

Hari ini..tepat 1 tahun sejak kepergian ibu,setelah 40 hari ibu dimakamkan..aku baru tau..kalo ibu..bukanlah ibu kandungku..aku sangat terpukul mendengar penjelasan mak tuo..bukan karna benci dengan kenyataan kalo aku adalah anak tiri ibu..tapi aku sangat menyesal atas perbuatan dan sikap ku selama ini..
Ibu kandungku meninggal saat melahirkanku,..ayah tidak bisa mengurusku sendirian,lalu ayah menikah dengan sahabat ibu kandungku..ibu yang selama ini membesarkanku..menyayangiku..mencintaiku seperti anaknya sendiri,bahkan setelah ayah pergi..ibu tak pernah menikah lagi.hidupnya hanya untuk membahagiakan aku.padahal kalo ibu mau.ibu bisa saja menitipkan ku pada keluarga ibu kandungku atau pada keluarga ayah,saat ayah sudah tiada.tapi tidak dengan ibu..beliau rela menghabiskan sisa hidupnya hanya berdua denganku..anak sahabatnya.

“saya sangat menghormati persahabatan kami,ibu rahma..lagipula..uda umar,ayah rahma juga sangat baik..beliau menikahi saya saat tunangan saya pergi dengan wanita lain”kata ibu waktu di tanya bu anggi kenapa tidak menikah lagi saat ayah sudah pergi
“trus..rahma tau kalo ibu bukan ibu kandung nya”tanya bu anggi
“tidak..saya tidak sanggup mengatakannya..lagi pula saya sangat menyayanginya bu...dia memang bukan lahir dari rahim saya..tapi..dia lahir dari hati saya..”
Itulah kata-kata ibu saat ibu masih bekerja dirumah bu anggi..mereka merahasiakan semua agar aku tak terluka..tapi..sekarang ibu sudah pergi,,ibu juga belum sempat memakai mukena pemberianku..tak cukup air mata tuk meluahkan penyesalan ini..walau dia bukan ibu yang melahirkan ku..tapi cintanya sama seperti ibu yang melahirkanku.ibuku pasti senang dialam sana bertemu lagi dengan sahabatnya.pasti ibuku berterima kasih pada ibu karna telah merawatku dengan baik.aku bersyukur mempunyai 2 ibu..kedunya sayang padaku..ayah juga beruntung mempunyai 2 orang istri yang selalu menjaga dengan iklas amanah nya..
Bila ada lagu..ibu tiri..hanya cinta kepada ayahku saja....
Hhmmmm...lagu itu tak berlaku untukku...

YA RABB...kumpulkan lah orag tua ku didalam syurga MU yang indah...amieennn
Ku langkahkan kaki menjauh dari pusara ibu..
Trima kasi ibu...
Sungguh aku tak bisa membalas jasamu..
Doa mu menjadi perjalanan hidupku..
Aku sudah menjadi PNS..lulus wisuda ditrima jadi guru tetap..
Sekarang ada mahluk kecil diperutku
Ini cucu kesayangan mu...
Ini anakku dengan menantu mu”SUTAN KAYO ROMI PUTRA CHANIAGO”
Itu gelar untuk nya saat kami menikah..
 Berdoa lah untukku..karna..hanya doa ibu yang mampu membuatku seperti ini
Ayah..jaga ibu-ibu rahma ya..suatu saat kita akan berkumpul disyurga NYA.
Amiieennn........

Uda romi memeluk pundakku meninggalkan pusara ibu,dibelakang kami ada bu anggi..pak jainal..dan uni ita..sedangkan angku sofyan menunggu dimobil..beliau sudah tua,berjalan memakai tongkat.kini..hidup bahagia..aku mempunyai 3 ibu...bu anggi..wanita cantik yang ku kagumi..menjadi mertua terbaikku..terimakasi YA RABB...kebahagiaan ini karna doa ibu-ibu ku....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar